Mahasiswa magang dari Universitas Pendidikan Sulta Idris Malaysia secara simbolis dilepas oleh Dekan FKIP Prof Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum pada Kamis (26/10) bertempat di gedung induk Siti Walidah. Mahasiswa asal UPSI telah menyelesaikan program latihan mengajar yang merupakan bagian dari program kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia. Program magang tersebut diikuti oleh delapan mahasiswa asal UPSI dengan latar belakang berbagai jurusan, baik kependidikan maupun non kependidikan. Program ini dimulai sejak 5 September hingga 23 Oktober yang bertempat di sekolah- sekolah Muhammadiyah di Kota Surakarta.
Pada acara pelepasan tersebut Prof Dr. Harun Joko Prayitno, M.Hum selaku Dekan FKIP menyampaikan apresiasi yang positif dan memberikan penghargaan setinggi-tingginya kepada mahasiswa asal UPSI. Beliau berharap agar program ini terus berjalan karena memberikan manfaat yang luar biasa bagi kedua belah pihak. Selain itu, beliau juga turut berpesan untuk selalu mempelajari hal-hal yang sudah didapat saat magang dan mengembangkanya agar bermanfaat bagi kehidupan.
FKIP terus berbenah dan berinovasi, salah satunya dengan mengadakan program kerjasama Internasional untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas pembelajaran. Program ini merupakan bagian dari kerjasama UMS dan UPSI yang bersifat timbal balik, UMS sebelumnya telah mengirimkan sepuluh mahasiswanya untuk mengikuti program serupa di UPSI Malaysia. Acara diakhiri dengan refleksi pelaksanaan magang yang disampaikan oleh Dr. Rahayu selaku kepala SMA Muhammadiyah 1 Surakarta dan penyerahan cinderamata oleh Dekan FKIP UMS kepada perwakilan dari UPSI.