Untuk memandirikan dan mendewasakan mahasiswa FKIP UMS sejak 3 tahun terakhir FKIP UMS telah mengimplementasikan sejumlah program unggulan baik skala nasional maupun internasional. Program unggulan nasional FKIP ditunjukkan melalui karya dan kinerja di bidang PKM, mahasiswa berprestasi, dan perolehan kejuaraan olah raga nasional, serta program-program unggulan lainnya.
Pengembangan program nasional lainnya itu adalah pemagangan mahasiswa melalui mata kuliah Magang Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Magang 2) dan Magang Asistensi Guru (Magang 3) Terintegrasi KKNDik di sekolah2 mitra dan sekolah laboratorium di DSPAUM (Daerah Strategis Pengembangan Amal Usaha Muhammadiyah). Pengiriman mahasiswa FKIP UMS ke lokasi destinasi DSPAUM yg sudah berjalan adalah ke Bangka Belitung, Medan Sumut, Pontianak Kalbar, Mataram Lombok, Makasar Sulsel, dll.
Program unggulan internasional yang sudah dilaksanakan oleh FKIP UMS sejak 3 tahun terakhir adalah pendewasaan mahasiswa melalui Magang Terintegrasi KKNDIK di sekolah-sekolah laboratoriumnya Khon Kaen University, FTU University, dan UPSI Universitas Pendidikan Sultan Idris Malaysia. Dan mulai tahun ini akan ditambah satu lokasi ke sekolah-sekolah yang tergabung dalam CLC Konjen RI di Sabah. Program pengembangan unggulan nasional tersebut mulai tahun ini akan diperluas pemagangan dan latihan berkehidupan bermasyarakatnya ke Palu, Kendari, dan ke Sorong Irian Jaya.

FKIP UMS senantiasa berbenah dan beradaptasi dengan era komputasi dan komunikasi. Sebagai perwujudannya FKIP UMS sudah 2 tahun terakhir selalu mengundang alumnusnya yang memiliki karya dan kinerja serta dapat menggerakkan dan memberikan arah kemajuan di lingkungan pekerjaannya masing-masing. Penghargaan ini diberikan sebagai upaya untuk meningkatkan kerja sama pengembangan kelembagaan dan penguatan sumbangan akademik dari alumni kepada institusi almamaternya. Dekan FKIP UMS Prof. Dr. Harun Joko Prayitno dan wakil alimni berprestasi berdedikasi Dr. Sutoyo alumni dari Prodi PPKN yang saat ini sedang menjabat WR3 Universitas Slamet Riyadi berpandangan bahwa alumni adalah aset informasi dan aset kelembagaan serta aset akademik nyata dan hidup di tengah-tengah masyarakat di mana alumni itu berkarya dan berkinerja.

Penghargaan kepada alumni berprestasi dan berdedikasi pada periode ini yang diserahkan bersamaan dengan acara pembekalan soft skill kepada calon wisudawan diberikan kepada sebagai berikut:
1. Dr. Sutaya, alumni Prodi PPKn saat ini menjabat WR 3 Unisri Surakarta.
2. Drs. Sutarmo, MPd, alumni Pendidikan Bahasa Indonesia saat ini menjabat Kepsek SMPN 8 Surakarta.
3. Dra. Indah Dewi Murni, MPd, alumni Pendidikan Biologi saat ini menjabat Kepsek SMPN 1 Sukoharjo.
4. Rivano Maharsasmudi SPd, alumni Prodi PGSD saat ini menjadi Inisiator dan Kepsek SD Islam darul Falah Jenawi karanganyar.
5. Drs. Budi Sudaryanto, alumni Pendidikan Aluntansi saat ini sebagai Kepsek SMPN 2 Nguntoronadi Wonogiri.
6. Drs. Martono, MSi, alumni Pendidikan Bahasa Inggris saat ini sebagai inisiator Pendidikan SMK Gratis dan 100% lulusannya langsung bekerja.
Dalam kesempatan ini FKIP UMS dan alumni serta calon wisudawan berkomitmen untuk senantiasa saling meningkatkan dan mewibawakan FKIP UMS CAKAP menjadi lembaga pendidikan yang berhikmat untuk umat, berkarya dan berkinerja untuk bangsa, berdedikasi untuk menghasilkan guru-guru profesional sejati lyang berkepribadian Islami.
Salam @FKIP CAKAP.