Surakarta, 28 November 2018.

Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (PGSD FKIP UMS) kembali meraup pundi- pundi kejuaraan lewat ajang perlombaan di tingkat nasional. Kali ini mahasiswa PGSD meraih juara III tingkat Nasional untuk Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional 2018 di Universitas Sumatera Utara (USU) pada hari Kamis – Senin, 22-26 November 2018.

Delegasi Tim Lomba Media Pembelajaran ini berjumlah tiga orang yakni Aulia Maulida Rahmah, Nabila Alfiarini Mutiara Primasti, dan Pipit Indah Pranoga dengan dibimbing oleh dosen Wahdan Najib Habiby, M.Pd. Lomba LKTIN ini diperebutkan oleh 30 finalis yang telah terseleksi secara nasional melalui penulisan essay dan  full paper  yang diperlombakan. Pada LKTIN kali ini diikuti oleh berbagai Universitas yang ada di Indonesia, antara lain Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Brawijaya (UNIBRAW), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Riau (UNRI), Universitas Gunadarma (UG), Institut Teknologi Bandung (ITB)  dan masih banyak lagi.

Rangkaian kegiatan ini diselenggarakan oleh UKM Himadita Nursery Fakultas Pertanian Universitas Sumatera Utara, acara initerdiri atas Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasioanl, Lomba Essay.

Melalui essay dan LKTIN yang bertajuk “Peran Mahasiswa Sebagai Penghubung Antar Era Melalui Pembuatan Media Pembelajaran Bagi Guru di Pedesaan”, Aulia dan tim berhasil meraih Juara III dalam lomba Media Pembelajaran. Disamping itu, perolehan Juara I di raih oleh Universitas Gunadarma, dan Juara II diraih oleh Universitas Brawijaya.

Lomba Karya Tulis Ilmiah yang dimaksud diatas adalah meningkatkan peran mahasiswa dalam Revolusi 4.0 di berbagai bidang, seperti pertanian, pendidikan, teknologi.

“Kami mengagas karya tulis ini karena banyak sekali sekolah dengan guru-guru yang belum mengetahui apa itu revolusi 4.0 dan bagaimana tantangan kedepannya yang akan dihadapi dalam dunia pendidikan”. Ujar Nabila

Selain lomba Media Pembelajaran, pihak panitia menyelenggarakan Seminar Nasionl bertajuk “Smart Farming for Sustainable Agriculture in era of revolution 4.0” oleh Drs. H. Musa Rajekshah, M.Hum. (Wakil Gubernur Sumatera Utara), Andreas Senjaya (Co-Founder and CEO i-Grow), Mahendra Tlapta Sitepu ( Founder and CEO Pak Tani Digital), dan  Riswanti Sigalingging, STP.,Msi., PhD (Dosen Ahli Fakultas Pertanian) dan kegiatan yang terakhir adalah field trip kota Sumatera Utara.

Penulis:

  • Nabila Alfiarini Mutiara Primasti