Surakarta, 26 November 2018.

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta (FKIP UMS) berkomitmen kuat untuk meningkatkan reputasi akademik dan pengembangan kelembagaan strategis di kancah internasional yaitu dengan memperluas kerja sama dengan perguruan tinggi yang berada diluar negeri yang mempunyai reputasi akademik yang baik. Sebelumnya, FKIP UMS telah melakukan realiasi kerja sama dengan Education Faculty Lund Univesity Swedia, Education Faculty Khon Kaen University, University Pendidikan Sultan Idris (UPSI) Malaysia, Education Faculty Fatoni University (FTU) Thailand, dll. Kerja sama ini sudah berjalan dengan sangat baik dan senantiasa untuk selalu ditingkatkan.

Salah satu bentuk dalam merealisasikan komitmen kerja sama yaitu dengan Fakulti Pendidikan University Utara Malaysia (UUM). UUM merupakan salah satu perguruan tinggi terbaik di Malaysia. Sebetulnya untuk implementasi kerja sama ini sesungguhnya sudah berjalan berjalan sejak Juli 2018 lalu dalam bentuk join seminar.

Pada 26 November 2018 kemaren delegasi FKIP UMS yang dipimpin oleh dekan FKIP UMS Prof. Harun Joko Prayitno bersama Dekan Fakulti Pendidikan UUM Prof. Madya Yahya Don yang bertempat di Fakulti sepakat untuk meningkatkan perluasan kerja sama di bidang riset, publikasi, student mobility, join seminar, dll.

Kerja sama dosen di bidang riset dan publikasi akan dilaksanakan dalam bentuk join riset dan join publikasi. Teknisnya tiap 1 judul riset diajukan oleh 3 dosen FKIP UMS dan melibatkan 3 dosen Fakulti Pendidikan UUM. Riset tersebut pendanaannya ditanggung 50% dari UMS dan 50% dari UUM. Hal demikian berlaku sebaliknya, tiap 1 judul dengan 3 tim dosen dari UUM akan melibatkan 3 dosen dari FKIP UMS. Pendanaanya sama-sama 50% antara UMS dan UUM.
Target riset tersebut menghasilkan 2 artikel ilmiah sampai dengan tahap publikasi di jurnal internasional terindeks Scopus dengan tim penulis 3 dari FKIP UMS dan 3 dari Fakulti Pendidikan UUM.

Pengembangan kerja sama kelembagaan strategis lainnya adalah bersungguh-sungguh dalam meningkatkan reputasi pembelajaran dan kemahasiwaan melalui melalui berbagai student mobility, exchange student, join internasional seminar, dll.

Pada periode Juli-Agustus 2019 besuk FKIP akan mengirimkan 10 mahasiswa untuk melakukan insternship program terintegrasi nonkredit ke sejumlah sekolah laboratorium UUM. Hal sebaliknya Fakulti Pendidikan UUM akan mengirimkan mahasiswanya ke FKIP UMS untuk mrlakukan hal yang sama.

Program ini diharapkan dapat meningkatkan reputasi kelembagaan strategis di antara kedua belah pihak. Semoga. Aamiin YRA. Salam @FKIP CAKAP.