Surakarta, 13 Mei 2019

Kegiatan seleksi program Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) 2 Terintegrasi Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKNDik) di Daerah Strategi Pengembangan Amal Usaha Muhammadiyah (DSPAUM) dan Luar Negeri yang diadakan di Auditorium Moh. Djazman UMS pada Senin, (13/05) berjalan lancar.

Untuk meningakatkan dan memperluas kerja sama luar negeri, program ini dikembangkan dari penyelenggaraan program sebelumnya. Sebab pada program kali ini ada penambahan program khususnya pada program Luar Negeri. Penambahan program tersebut adalah ditambahnya universitas mitra yang berada di Malaysia yaitu Universiti Utara Malaysia. Selain itu ada juga program yang bekerja sama dengan KJRI Atdikbud Sabah Kinabalu dan program Sea Teacher SEAMEO.

Total peserta dalam seleksi ini sebanyak 322 mahasiswa yang berasal dari berbagai program studi yang ada di FKIP. Tampak antusiasme yang tinggi ditunjukkan mahasiswa untuk ikut serta dalam proses seleksi. Hal ini ditunjukkan pada penuh sesaknya ruang auditorium yang sudah dibuka pada pagi hari.

Galuh Ayu Respati, salah satu peserta yang mengambil program Luar Negeri KJRI Atdikbud menuturkan bahwa, “Kegiatan PLP2 Terintegrasi ini merupakan suatu kesempatan yang langka yang dimiliki mahasiswa yang tidak ditemui pada fakultas lain, karena di PLP 2 ini nantinya kita akan bertatap langsung oleh siswa asing di negara orang”.

“Saya berharap melalui program ini dapat menambah wawasan dan pengalaman ke internasionalan serta dapat mengembangkan kemampuan berkehidupan bermasyarakat melalui keterampilan mengajar disekolah-sekolah Internasional”, imbuhnya.

Selanjutnya dalam waktu dekat pihak pengelola PLP 2 akan mengumumkan hasil dari seleksi ini, dan setelah hasil seleksi diumumkan mahasiswa peserta PLP 2 diminta untuk melengkapi berkas administrasi yang harus dipersiapkan, khususnya bagi mahasiswa Luar Negeri yang harus mempersiapkan paspor dan dokumen cek kesehatan. Salam @FKIP CAKAP.