Surakarta, 6 Juli 2019

Program Studi Pendidikan Olahraga merupakan salah satu prodi yang paling baru dibandingkan dengan prodi lain yang berada di lingkungan FKIP UMS. Prodi POR yang berdiri pada tahun 2016 dan mulai menerima mahasiswa pada tahun 2017. Pada tahun pertama prodi POR menerima sebanyak 62 mahasiswa, lalu ditahun kedua menerima 84 mahasiswa.

Mengingat angka tingkat penerimaan mahasiswa yang selalu bertambah tersebut itulah yang menjadi pendongkrak semangat para dosen prodi POR untuk dapat diakreditasi. Selain itu, dukungan dari pihak fakultas pun juga tak kalah tinggi untuk mewujudkan akreditasi prodi POR, mengingat tingkat penerimaan mahasiswa yang semakin tinggi dan prestasi mahasiswa dalam event bergengsi.

Tepat pada tanggal 24 Juni 2019 prodi POR menerima asesor dari BAN-PT untuk divitasi sesuai dengan ajuan akreditasi yang diajukan bulan Maret 2019. Asesor yang ditugasi dari BAN-PT yaitu Dr. dr. Bernadeta M Wara Pushartanti, MS., AIFO dan Dr. Albadi Sinulingga, M.Pd.

Menurut Prof. Dr. Harun Joko Prayitno (Dekan FKIP UMS), “Untuk prodi POR ini kami target harus sudah diakreditasi sebelum mahasiswa angkatan pertama di wisuda”.

Hal senada pun juga diutaran oleh Nur Subekti, M.Or (Kaprodi POR), “Target kami untk akreditasi pertama ini adalah B”.

Dalam closing statement, Albadi Sinulingga mengatakan, “Setelah saya cermati, Prodi POR UMS ini apabila dikelola secara baik, kedepan bisa menjadi prodi dengan status Unggul. Lihat saja, baru 2 tahun berdiri prestasi yang ditorehkan sudah banyak. Baik itu prestasi dosen maupun mahasiswanya.”

Pengumuman hasil akreditasi prodi POR yang telah keluar pada tanggal 2 Juli 2019. Hasil yang telah ditarget sudah dicapai yaitu B, dengan nilai 312.

“Semoga dengan hasil ini dapat membuat prodi POR bisa semakin bermutu dan menorehkan banyak prestasi. Kedepan kita target untuk prodi ini agar dapat terakreditasi A.”, tambah Harun.

Salam @FKIP CAKAP.