Surakarta, 1 September 2019

FKIP UMS mandapat mandat izin menyelenggarakan Diklat sebagai LPD Lembaga Penyelenggara Diklat Seleksi CAKAP Calon Kepala Sekolah dan Diklat PKS Penguatan Kepala Sekolah tingkat Nasional.

Diklat Penguatan Kepala Sekolah tahap 1 atau angkatan I dilaksanakan tanggal 1-8 September 2019 bertempat di Hotel HAP Slamet Riyadi dan Hotel POS In Balapan Surakarta. Diklat ini akan dilaksanakan secara bertahap di tempat hotel yang sama, hotel HAP dan hotel POS IN Surakarta.

Tahap 2 akan dilaksanakan 18-25 September 2019. Tahap 3 akan dilaksanajan 7-14 Oktober 2019. Tahap 4 akan dilaksanakan 20-27 Oktober 2019. Tahap 5 akan dilaksanakan 5-12 November 2019. Dan tahap terakhir atau angkatan 6 akan dilaksanakan 14-21 November 2019.

Jumlah kepala sekolah yang akan diberikan diklat penguatan untuk mendapatkan pengakuan kepala sekolah bersertifikasi sebanyak 1.806 yang berasal dari 4 Kabupaten yaitu Kabupaten Wonogiri, Kab Sukoharjo, Kab Sragen, dan dari Kab Boyolali.

Kepala LPPKS Kemendikbud RI Prof. Nunuk Suryani pada saat pembukaan menyampaikan pentingnya bahwa semua kepala sekolah harus tersertifikasi sesuai dengan regulasi peraturan perundangan yang berlaku. Sementara itu, Prof. Harun Joko Prayitno sebagai penangung jawab kegiatan LPD ini menggarisbawahi bahwa kepala sekolah diwajibkan memikiki kemampuan dan keterampilan manajerial pada era disrupsi pendidikan seperti sekarang ini. Oleh karenanya diperlukan diklat penguatan berupa manajerial recharging seperti sekarang ini. Sebab kepala sekolah merupakan sosok dan lokomotif sentral untuk bisa memajukan dan membranding sekolah yang dipimpinnya. Semoga. Salam @FKIP CAKAP.