Surakarta, 29 November 2019

Universitas Al Azhar Kairo Mesir senantiasa berkomitmen terhadap Indonesia. Egypt atau Mesir adalah salah satu negara pertama yang mengakui kemerdekaan Indonesia. Dan kini, Universitas Al Azhar Mesir menempatkan bahasa Indonesia sebagai mata kuliah sejajar dengan bahasa Perancis atau bahasa Jerman di Universitas Al Azhar.

Universitas Al Azhar mengandeng 3 perguruan tinggi Indonesia (UGM, UMS, UIN Malang) untuk merealisasikan dan mengembangkan program yang sudah berjalan sejak 1 semester ini.

Melalui lawatan kelembagaan yang ketiga, yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor Universitas Al-Azhar Syaikh Prof. Dr. Muhammad Abu Zaid Al-Amir ke Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) pada Jumat 29 November 2019 membawa pesan dan salam dari Grand Syaikh dan Rektor Al-Azhar, yang didampingi oleh mantan Atase Pendidikan Kebudayaan KBRI Cairo/ Ketua Konsorsium Prof. Dr. Sangidu dan Pimpinan Pondok Modern Tazakka KH. Anizar Masyhadi. Program ini juga mendapatkan dukungan penuh dari Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan Kemendikbud RI dan KBRI Cairo.

Pertemuan Prof Al-Amir dengan 3 universitas konsorsium ini sebagai kunjungan balasan dan diskusi pemantapan program pengajaran bahasa Indonesia di Al-Azhar. Menurut Syaikh Al-Amir, bahwa Al-Azhar menerima dan setuju bahasa Indonesia dijadikan bahasa pilihan kedua di Al-Azhar dikarenakan hubungan yang sangat baik dan erat antara Indonesia dan Mesir. Al-Azhar ingin bahasa Indonesia dikenal dan dimengerti oleh para mahasiswa asing yang datang dari 108 negara, juga untuk para mahasiswa dan masyarakat Mesir.Harapan bersamanya adalah agar ke depan budaya dan peradaban Indonesia akan mudah menyebar ke dunia internasional.

Profesor Al-Amir menambahkan, bahwa Indonesia melewati 12 negara yang mengajukan bahasa resminya dijadikan bahasa pilihan kedua, Al-Azhar memandang Indonesia sebagai negara berpenduduk muslim terbesar yang menganut paham washatiyyat Islam dan nilai nilai Islam yang moderat sejalan dengan misi visi Universitas Al Azhar.

Salam @FKIP CAKAP.