Surakarta, 4 Februari 2020

FKIP UMS dan Education Faculty UPSI Malaysia sepakat dan berkomitkan kuat untuk menghasilkan guru-guru profesional pada era komunikasi & komputasi global. Salah satu bentuknya adalah exchange students antara kedua fakultas di dua perguruan tinggi tersebut melalui mata kuliah unggulan internship (PLP 1-2) & teaching practice di sejumlah sekolah lab.

Periode ini mahasiswa asal Education Faculty UPSI mengirimkan 4 mahasiswa untuk melakukan Internship Program on Teaching Practice ke sejumlah sekolah lab unggulan FKIP UMS selama 2 bulan lebih, sejak 2 Februari s.d 28 Maret 2020. Mereka adalah Chua Xiao Xuan,Arifah Adlina Binti Rashahan, Ummi Batrisyia Binti Abdul Manaf, & Goh Yong Ching. Ke empat mahasiswa tersebut berasal dari program studi sains fisika, sains matematika, dan sains kimia.

Sekolah lab utama yang ditunjuk yaitu SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Selain itu mahasiswa tersebut juga diminta menjadi guru tamu ke sekolah-sekolah pemberdayaan di lingkungan Muhammadiyah yaitu SMP Muhammadiyah 1 Baturan Colomadu, SMA AL-Kautsar Kartasura, dan MIM Bloran Kec. Kerjo Karanganyar.

Program exchange students antar kedua belah ini sudah berjalan sejak 5 tahun lalu. Dan, periode Juli – September 2019 kemarin sebanyak 17 mahasiswa asal FKIP UMS melakukan hal yang sama di beberapa sekolah lab Education Faculty UPSI. Keduanya sepakat dan berkomitmen kuat untuk mengembangkan program internship dan teaching practice ini. Karena program ini dapat menjadikan wawasan dan pandangan pendidikan yang nantinya akan menjadi bekal untuk diterapkan saat menjadi guru. Salam @FKIP CAKAP.