Surakarta, 12 Februari 2020

Pendidikan Profesi Guru (PPG) dalam jabatan periode UKMPPG Oktober dan November 2019 telah selesai melakoni Yudisium pada Rabu, 13 Februari 2020 bertempat di Auditorium Moh. Djazman UMS. Pada acara yudisium PPG ini dihadiri oleh bapak Wakil Rektor 1 (Prof. Muhammad Da’i), Wakil Dekan 1 (Prof. Sutama), Ketua PPG FKIP UMS (Siti Zuhriyah Ariyatmi, M.Pd) beserta jajaran dan staf PPG FKIP UMS.

Yudisium UMKPPG Periode Oktober dan November 2019 (Angkatan PPG Daljab 4, PPG Daljab 5, dan PPG Dasus) ini merupakan yang terakhir dalam penyelenggaraan PPG untuk tahun 2019. Berdasarkan statistik hasil UKMPPG Firstaker, tingkat presentasi kelulusannya sebagai berikut: PPG Daljab 4 (81,58%), PPG Daljab 5 (76.92%), dan PPG Dasus (37,84%).

Berdasarkan hasil tersebut, semakin lama presentase kelulusan UKMPPG semakin turun. Tingkat penurunan presentase kelulusan ini juga dialami oleh LPTK lain. Hal ini dikarenakan tipe soal yang diberikan adalah tipe soal HOTs (Higher Order Thinking Skill), dimana pada setiap soal tersebut membutuhkan pemahaman serta penalaran yang lebih.

Hal ini juga dikemukakan oleh Prof. Sutama dalam sambutannya, “Tingkat penurunan kelulusan UKMPPG tarat nasional menunjukkan penurunan, sejumlah LPTK baik negeri dan swasta juga mengalami hal serupa. Ini harus menjadi PR bersama”.

Namun disisi lain, dalam menghadapi era komputasi global yang di dalamnya berkaitan dengan digitalisasi pembelajaran, para peserta PPG ini telah dibekali itu semua. Sejak kuliah daring sampai dengan UKMPPG, para peserta dituntut untuk bisa mengoperasikan komputer dan internet karena seluruh tugas-tugas yang diberikan bersifat online. Hal ini merupakan langkah cerdas dari pemerintah dalam menghadapi era Industri 4.0.

“Diharapkan para Alumni PPG FKIP UMS dapat mengembangkan dan menerapakan media pembelajaran secara daring ini kepada peserta didiknya, agar nantinya peserta didiknya mampu beradaptasi seiring dengan perkembangan jaman yang maju akan teknologi”, tambah Prof. Sutama.

Sementara itu, Prof. Muh. Da’i dalam sambutannya berpesan kepada seluruh peserta Yudisium PPG, “guru profesional harus bisa mengadopsi perubahan-perubahan yang terjadi untuk membimbing peserta didiknya supaya maju dan berakhlak mulia.”.

“Tugas sebagai guru merupakan amanah yang mulia, oleh karena itu menjadilah contoh yang baik kepada anak didiknya”, tambah Prof. Muh. Da’i.

Salam @FKIP CAKAP.