Karanganyar, 16 Februari 2020

Salah satu program kegiatan kelompok KKN-Dik di SMA Muhammadiyah 3 Gondangrejo adalah menghidupkan kembali area makan siswa (kantin) menjadi “Zona Kuliner Siswa”. Kegiatan ini terselenggara atas gagasan dari pihak sekolah dan mahasiswa. Secara umum kegiatan ini dilaksanakan guna untuk menumbuhkan rasa nyaman siswa selama di sekolah.

Penggantian nama kantin menjadi zona kuliner siswa dilatarbelakangi oleh kondisi sekolah yang kurang kondusif dalam menangani kebiasaan siswa meninggalkan kelas selama proses pembelajaran. Dasar terciptanya kegiatan ini, karena tidak berfungsinya kantin di sekolah sehingga siswa menggunakan alasan untuk izin istirahat di luar lingkungan sekolah, sehingga menyebabkan siswa tidak kembali ke kelas.

Proses terealisasinya program ini yaitu kolaborasi antara mahasiswa dengan warga sekolah. Siswa berkontribusi dalam menjaga zona kuliner siswa agar tetap aktif dan dapat menjadi icon sekolah. Zona kuliner siswa ini diharapkan mampu menciptakan rasa nyaman peserta didik saat berada di sekolah yaitu dengan meningkatkan kreativitas siswa dalam membuat mural dinding di zona kuliner siswa.

Pengadaan kantin sebelumnya telah dilaksanakan oleh pihak sekolah bekerjasama dengan siswa, namun seiring berjalannya waktu dan beberapa kendala menyebabkan program ini terhenti. Berdasarkan gambaran tersebut, mahasiswa mulai menghidupkan kembali kantin menjadi “Zona Kuliner Siswa” sejak minggu kedua pelaksanaan KKN-Dik.

Menurut Dwi, “salah satu cara untuk meningkatkan sekolah agar lebih maju, yakni dengan menghidupkan kembali salah satu program yang sudah  nonaktif dalam waktu belakangan seperti kantin” selaku Wakil Kepala Sekolah bagian Kurikulum. Salam @FKIP CAKAP

Penulis: Mahasiswa KKNDik Kab. Karanganyar-Gondangrejo