Sragen, 17 Februari 2020

Keterampilan proses sains atau yang biasa disingkat KPS merupakan kemampuan siswa menerapkan metode ilmiah dalam memahami, mengembangkan dan menemukan ilmu  pengetahuan. KPS dapat diajarkan sejak usia dini. Anak-anak menemukan konten ilmu dengan  menerapkan proses ilmu pengetahuam. Hal ini dapat dilakukan melalui kegiatan ilmiah, diskusi  kelas, membaca, dan berbagai strategi pembelajaran lainnya.

Salah satu program kerja tim KKNDik UMS di TK Aisyiyah Pengkol dalam hal menanamkan KPS yaitu membuat Mini Greenhouse. Mini Greenhouse menjadi tempat belajar dan menerapkan proses ilmu pengetahuan. Siswa diajak menanam sayur dan buah-buahan dari benih yang telah disiapkan. Setiap hari sebagai tiket masuk kelas, setiap siswa harus menyiram  dan mengamati terlebih dahulu tanaman mereka dan kemudian akan mendapat tanda tangan guru  di lembar kerja siswa masing-masing.

Melalui semangat mahasiswa KKNDIK dan semangat belajar para siswa, program ini diharapkan dapat menumbuhkan keterampilan proses sains untuk menghadapi kehidupan sehari hari serta untuk studi masa depan dalam ilmu pengetahuan anak. Salah satu mahasiswa KKNDIK desa pengkol menuturkan kegiatan belajar berbasis praktikum seperti ini sangat bagus untuk diterapkan demi terwujudnya tujuan Pendidikan. Salam @FKIP CAKAP.