Sragen, 19 Februari 2020

Mahasiswa KKN-Dik UMS yang ditempatkan di BA AISIYAH MRANGGEN II Jatinom Kabupaten Klaten mengadakan kegiatan penghijauan dengan memanfaatkan barang-barang bekas dan menggunakan media hidorgel. Kegiatan penghijauan ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 1 Februari 2020.

Kegiatan penghijauan ini bertujuan untuk mengembangkan ketrampilan siswa dalam bercocok tanam, menata lingkungan serta mengenalkan metode cara baru tanpa menggunakan tanah. Serangkaian kegiatan ini diawali dengan pengenalan jenis tanaman yang akan ditanam oleh siswa dan penyuluhan mengenai cara menanam dan merawat tanaman secara tepat dengan menggunakan hydrogel ini. Untuk penataan tanaman dilakukan dengan metode vertical garden, dimana dengan metode tersebut, penghijaun dapat dilakukan di lahan yang sempit.

Vertical garden tersebut diterapkan di samping dinding agar mampu memperoleh tempat yang banyak, selain itu vertical garden memiliki banyak kelebihan seperti memiliki keindahan sendiri dengan kreatifitas penataannya dan dapat diletakkan dimana saja baik secara outdoor maupun indoor.

Para siswa dilibatkan secara langsung dalam kegiatan ini agar siswa dapat mengenali media bertanam tidak hanya bisa menggunakan tanah saja. Selain itu, kesadaran siswa akan pentingnya merawat tanaman tergolong masih rendah. Sehingga dengan kegiatan ini siswa secara tidak langsung bisa mendapatkan pengetahuan mengenai kegiatan penghijauan sekaligus mendapatkan ilmu baru.

Dari kegiatan tersebut diharapkan siswa dapat menerapkan apa yang telah diberikan dalam upaya untuk memanfaatkan media hidogel ini dan menghijaukan lingkungan sekitar, tidak hanya di lingkungan sekolah saja. @FKIP CAKAP

Penulis: Mahasiswa KKNDik Kab. Klaten-Mranggen