Wonogiri, 29 Februari 2020

Guru Penggerak perubahan dalam konteks pendidikan secara luas merupakan satu dari program pengembangan FKIP UMS. Program ini diharapkan mampu mensinergikan penguatan sekolah-sekolah Dasar Menengah, khususnya sekolah Muhammadiyah, dengan profil lulusan FKIP UMS sebagai guru penggerak yang profesional dan berkepribadian islami, serta sebagai inisiator perubahan dalam era disrupsi pendidikan. Demikian disampaikan oleh Dekan FKIP UMS Prof. Harun Joko Prayitno di SMK Muhammadiyah Wonogiri dalam acara Implementasi dan Penguatan Techno Enterpreneurship di hadapan guru-guru SMK Muhammadiyah Se Solo Raya pada 29 Februari 2020.

Ketua PDM Wonogiri diwakili Drs. Sularno M.Pd. dan Kepala SMK Muhammadiyah 2 Wuryantoro Wonogiri Drs. Bambang Sulistiyanto menekankan pentingnya manajerial skill dalam tata kelola pembelajaran bagi anak2 SMK di era komputasi global. Oleh sebab itu, praktik2 pembelajaran di dunia kerja serta dunia industri dan bentuk pemagangan lainnya akan menjadi prioritas pengembangan SMK Muhammadiyah Se Solo Raya.

Program sinergi dan penguatan sekolah-sekolah dasar menengah Muhammadiyah ini dilaksanakan ke dalam sasaran kegiatan sebagai berikut:

  1. Penguatan Guru-Guru SD/MI Muhammadiyah Se-Solo Raya dalam Rekayasa Pembelajaran Abad 21 tanggal 22 Februari 2020.
  2. Optimalisasi Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Muhammadiyah Se-Eks Karesidenan Surakarta 14 Maret 2020.
  3. Penguatan Techno Entrepreneurship Era Komputasi Global bagi Guru-Guru Smk Muhammadiyah Wilayah Surakarta 29 Februari 2020.
  4. Penguatan Olimpiade Matematika dan Sains Berkarakter Bagi Guru- Guru SMP Muhammadiyah Se-Eks Karesidenan Surakarta 11-12 Maret 2020; dan
  5. Penguatan Leadership Pembelajaran Abad 21 bagi Guru-Guru SMP & SMA Muhammadiyah Se-Karesidenan Surakarta akan dilaksanakan awal April 2020.

Salam @FKIP CAKAP.