Pabelan, 25 Maret 2020

Implementasi pengembangan kelembagaan dan kerjasama bidang akademik dan pembelajaran antara FKIP UMS dengan Pusat Latihan Mengajar dan Industri (PULAMI) UPSI Malaysia terus ditingkatkan. Salah satunya adalah program pertukaran calon guru mengajar di sekolah lab yang sudah berjalan 4 tahun ini.

Pada periode tahun sebebelumnya FKIP UMS mengirim sebanyak 17 mahasiswa FKIP ke sekolah lab UPSI. Dan, tahun ini PULAMI UPSI mengirimkan 4 mahasiswa Fakulti Sains dan Matematik sebagai calon guru untuk melakukan internship di sejumlah sekolah-sekolah Lab Muhammadiyah FKIP UMS selama 2 bulan sejak 2 Februari 2020. Mereka ditempatkan di SMA Muhammadiyah 1 Surakarta, SMP Muhammadiyah 7 Colomadu, MI Muhammadiyah Bloran, dan SMA Muhammadiyah Program Khusus Al Kautsar Kartasura.

Program ini penting karena bukan saja untuk meningkatkan capaian mutu sekolah-sekolah lab tersebut. Lebih jauh juga pengenalan budaya antara dua negara dan strategi pengembangan perangkat pembelajaran antar dua institusi, FKIP UMS dengan PULAMI UPSI untuk menyiapkan guru profesional abad 21. Salam @FKIP CAKAP.