Surakarta, 19 Mei 2020.

Merebaknya COVID-19 di dunia termasuk di Indonesia, berdampak juga pada mahasiswa di FKIP UMS. Sebagian besar mahasiswa yang merantau dari luar jawa maupun luar negeri harus pulang ke rumah masing-masing dan selanjutnya mengikuti pembelajaran secara daring. Namun demikian ada diantara mahasiswa yang terpaksa tidak bisa pulang sampai lebaran tiba. Selain Universitas Muhammadiyah Surakarta memberikan bantuan kepada mereka berupa voucher untuk berbuka puasa, FKIP-UMS juga memberikan bantuan kepada MALIBU (Mahasiswa Lintas Budaya) FKIP UMS dari luar jawa dan luar negeri. Bantuan yang diberikan berupa top-up pulsa ataupun uang pembelian pulsa sebesar Rp. 100.000 per mahasiswa yang diharapkan bisa digunakan untuk menghubungi keluarga di rumah agar tetap bisa berkomunikasi dan bersilaturrahmi dengan keluarga.

Mahasiswa yang mendapatkan bantuan tersebut dari berbagai penjuru Indonesia dan Luar negeri. Diantara mereka ada dari Riau, Sumatra Barat, Sumatra Utara, Bengkulu, Jambi, Bangka Belitung, Lampung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Bali, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Papua, dan Thailand.

Pimpinan FKIP -UMS juga menitipkan salam untuk keluarga para mahasiswa tersebut dengan harapan semoga selalu sehat semuanya, tetap sabar dalam menghadapi kondisi ini, dan semoga kondisi semuanya segera pulih kembali. Pimpinan FKIP UMS juga mengucapkan terimakasih kepada orang tua mahasiswa yang telah mempercayakan putra-putrinya untuk belajar di FKIP UMS. Insya Allah mereka semua tetap sehat selalu dan istiqomah menjalankan dan menyelesaikan studinya. Salam @FKIP CAKAP.