Surakarta, 28 Mei 2020

Pandemi Covid 19 berdampak pada segala aspek kehidupan termasuk pendidikan. Pengaruhnya di bidang pendidikan, khususnya lembaga pendidikan guru, FKIP/IKIP/LPTK perlu melakukan adaptasi dalam menyiapkan calon guru yang profesional.

Mempertimbangkan situasi darurat Pandemi Covid ini, pada periode Juli-September 2020, FKIP UMS melalui Unit Pembelajaran Terpadu menawarkan 2 alternatif program PLP 2 sebagai bentuk adaptasi dengan “New Normal”. Kedua program tersebut adalah:

  1. New Normal School based Teaching Practice
  2. Home Schooling Teaching Practice

Konsep pertama merupakan program PLP yang melibatkan sekolah dalam pelaksanaan PLP2 dengan mematuhi norma New Normal yang diterapkan oleh sekolah dimana mahasiswa peserta PLP2 pilih untuk melaksanakan program PLP. Konsep kedua lebih memberi keleluasaan mahasiswa untuk mendampingi para siswa yang tinggal di sekitar lingkungan mahasiswa praktikan dengan model bimbingan di rumah (Home Schooling).

Semoga kedua program yang ditawarkan ini cukup memfasilitasi calon guru untuk praktek mengajar dalam berdaptasi dengan Pandemik Covid 19. Salam @FKIP CAKAP.