Surakarta, 10 September 2020

Mahasiswa merupakan aset strategis untuk membangun pengembangan iklim akademik dan pengembangan kelembagaan UMS melalui FKIP UMS. Mahasiswa merupakan partner strategis yang sangat penting untuk memajukan FKIP UMS. Jumlah prodi yang terakreditasi A di lingkungan FKIP UMS sudah mencapai 93%, jumlah doktor dosen FKIP sudah mencapai 90 dari 227 atau 40%, jumlah dokumen terindeks Scopus dan Wos dosen FKIP sudah mencapai 275 artikel, program-program pertukaran mahasiswa asing ke UMS dan/atau sebaiknya dari Malysia, Philipene, Thailand, Vietnam, Swedia, dll yang setiap tahunnya mencapai rata-rata 200 mahasiswa lebih, serta program terobosan strategis lainnya merupakan kinerja sinergi, kolaborasi, dan integrasi antara dosen dengan mahasiswa dan staf tendik di lingkungan FKIP”, demikian penyataan Dekan FKIP UMS Prof. Harun Joko Prayitno.

Dalam konteks ini Dekanat FKIP UMS bersama Prodi dan Ka Unit di lingkungan FKIP UMS selalu bekerja sama dengan Ormawa BEM, DPM, HMP, serta UKM di lingkungan FKIP mengagendakan dialog-dialog pengembangan kegiatan di bidang kemahasiswaan dan kreativitas secara berkala, rata-rata 4 kali dalam setahun, baik melalui media luring maupun daring. Dialog yang dilaksanakan secara blanded yang dilaksanakan pada Rabu tanggal 9 September 2020 dikikuti oleh 106 mahasiswa dari berbagai perwakilan.

Dialog ini penting dalam kerangka untuk memajukan FKIP UMS yang sudah sangat maju ini menjadi sangat maju lagi. Dialog yang dilaksanakan secara blanded ini sebagian dilakukan secara tatap muka di Ruang Sidang CAKAP 1 FKIP UMS dan sebagiannya mahasiswa mengikuti secara daring dari berbagai sebaran demografi sesuai tempat tinggal masing-masing. Masukan-masukan mahasiswa terkait dengan peningkatan mutu dan proses pembelajaran daring, desain pengembangan RPP merdeka belajar, pengembangan PLP-2 (asistensi guru), adaptasi MK praktik selama masa pandemi, pengembangan program KMP terintegrasi luaran publikasi ilmiah, dll merupakan rumusan bersama yang sangat penting untuk memajukan FKIP ke depan di tengah-tengah komunikasi dan komputasi global. Salam @FKIP CAKAP.