Surakarta, 15 Oktober 2020.

FKIP melaksanakan acara pembekalan sekaligus acara pelepasan sarjana pendidikan secara blanded. Acara ini dilaksanakan selama 2 hari dan dibagi ke dalam 12 tahap. Sebagian luring di Auditorium Djazman Kampus FKIP dan sebagian lainnya mengikuti acara yang sama secara daring dari tempat tinggalnya masing-masing.

Sarjana pendidikan bersama orang tua/wali/keluarganya yang mengikuti secara daring join dari Aceh Prodi Indonesia, Sorong Irian Jaya Prodi PTI, Pulau Rote Prodi Inggris, Kalimantan, Sulawesi, Ambon, Mataram, Babel, Lampung, Bekasi, DKI, Jatim, Bali, Alor, dll.

Dekan FKIP UMS, Prof. Harun Joko Prayitno pada kesempatan tersebut menyampaikan tiga hal kepada sarjana pendidikan yang akan terjun ke tengah-tengah masyarakat dan/atau profesi pilihannya masing-masing. Pertama, jadilah sarjana pendidikan yang berpribadi yang MHES (Mandiri-Maju-Milineal-Humoris, Ekspresif, Simpatik). Kedua, teguhkan dengan semangat BAMS (Bangkitkan Anak dan Majukan Sekolah). Ketiga, selalulah menjaga HR (Human Relation).

FKIP UMS sebagai salah satu LPTK terbesar di Indonesia sudah memiliki pengalaman kerja sama di bidang student exchange dengan berbagai sekolah lab dan perguruan tinggi seperti: Al Azahar University Mesir, UPSI Malaysia, FTU Thailand, KKU Thailand, UUM Malaysia, dan sejumlah universitas di Philipina, Vietnam, sejumlah KJRI, Atdikbud RI di sejumlah negara luar negeri seperti USA, Prancis, London. Sejumlah sekolah mitra di Sumatra, Babel, Kalimantan, Sulawesi, Mataram, Palu, Kendari, Sorong dll juga bisa dijadikan sebagai salah satu wahana untuk mengembangkan jati diri lulusan FKIP UMS yang dilepas secara resmi pada periode ini.

Kemampuan adaptasi pembejalaran dan pengembangan manajemen sekolah juga menjadi kompetensi penting dalam era komputasi komunikasi global seperti sekarang ini. Semoga sukses barokah bermanfaat semuanya. Aamiin YRA. Salam @FKIP CAKAP.