Pengajian Rutin Jelang UTS 2015/2016

Menjelang pelaksanaan Ujian Tengah Semester, FKIP melaksanakan pertemuan rutin jelang evaluasi pembelajaran. Kegiatan ini dibuka dengan tausiah yang disampaikan oleh Bapak Mujiburrohman, Ph.D. Beliau menyampaikan bahwa kehidupan manusia bertujuan untuk melaksanakan ibadah kepada Allah swt. Dalam Islam, ibadah terbagi dalam 2 kelompok, yaitu mahdoh dan ghairu mahdoh. Ibadah mahdoh merupakan ibadah yang taken for granted dari ajaran nabi Muhammad saw. Adapun ibadah ghairu mahdoh memiliki keleluasan karena praktiknya diserahkan pada individu kaum muslimin selama masih sesuai dengan nilai-nilai keislaman.

Ustad juga menegaskan bahwa dalam Islam kerja merupakan bagian dari ibadah. Oleh karena itu etos kerja harus dilandaskan pada keimanan kepada Allah, sehingga secara sosial kaum muslimin harus menghadirkan dasar etis tersebut di tempat kerjanya. Di antara prinsip etis tersebut adalah: 1) Penciptaan tempat kerja yang kondusif, 2) Keteladanan pimpinan, dan 3) Saling mengingatkan semua pihak.

Selanjutnya pertemuan rutin tersebut dilanjutkan arahan Dekan FKIP UMS, Prof. Dr. Harun Joko Prayitno, dan dilanjutkan info perkembangan fakultas sesuai bidang kerja para wakil dekan.