Dosen FKIP 32% [25 dari 78 Judul] Peroleh Dana PPM Desentralisasi dan Komnas Ditjen DiktiTA 2015

FKIP UMS menyelenggarakan kegiatan sosialisasi yang dilanjutkan workshop penguatan kinerja bagi dosen di lingkungan FKIP untuk menaikkan pemeringkatan perolehan dan pengakuan di bidang penelitian, pengabdian masyarakat, HaKI, dan publikasi. Kegiatan ini dilaksanakan di RS LPPM pada Kamis 26 Feb 2015 yang diikuti oleh sebanyak 67 dosen.

Target utama kegiatan ini adalah untuk memberikan bekal secara cukup dan menyegarkan kembali terhadap program-program PPM baik yang didanai secara kelembagaan oleh LPPM maupun dari Ditjen Dikti, Kemenristek, Diknas Propinsi, serta lembaga mitra lainnya. Kegiatan diantarkan oleh Dekan FKIP UMS, Prof. Harun Joko Prayitno, melalui Arah Kebijakan Pengembangan Akademik FKIP, Gambaran UmumMekanisme Pengusulan, Penilaian, dan Pelaporan Program Desentralisasi dan Kompetitif Nasional 2015/2016. Dalam kesempatan ini dekan mengingatkan pentingnya dosen harus melakukan kegiatan PPM. Upaya ini sejalan dengan kerangka filosofi Untuk membimbing skripsi, ya harus melakukan penelitian;Untuk menguji skripsi, ya harus melakukan diseminasi hasil penelitian;Untuk menilai artikel skipsi, ya harus menghasilkan APIHP (Artikel Publikasi Ilmiah Hasil Penelitian & Pengabdian). Dalam hal ini riset group PPM di lingkungan dosen FKIP sangat penting untuk dihidupkan dan dikembangkan.

Untuk berbagi pengalaman tentang tips menyusun penelitian dan pengabdian masyarakat sampai tahapan induktif, dalam kesempatan ini dihadirkan pula Prof. Abdul Ngalim (senior teladan yang peneliti), Drs. Zaenal Arifin, M.Hum. (Kaprodi Pendidikan Bahasa Indonesia), Drs. Suharjo, M.Si. (Kaprodi Pendidikan Geografi). Berbagi pengalaman ini sangat penting sebagai bentuk pelajaran terpetik bagi dosen lain yang akan meraih dana-dana kegiatan PPM desentralisasi dan kompetitif nasional. [FKIP CAKAP]

Materi selengkapnya dapat diunduh di sini