Seleksi Peserta Program PPG Bersubsidi Tahun 2017

Program PPG Bersubsidi Tahun 2017Dirjen Pembelajaran dan Kemahasiswaan Kemristek Dikti membuka program PPG bersubsidi untuk PPG umum dan PPG Kolaboratif. Pendaftaran dilakukan secara online melalui web http://ppg.ristekdikti.go.id mulai tanggal 8 sampai
dengan 18 Mei 2017.
Subsidi/bantuan Pemerintah akan diberikan maksimal sebesar Rp 7.500.000/smt/orang. Sedangkan biaya hidup, akomodasi dan konsumsi selama mengikuti PPG ditanggung oleh peserta.

Download Leaflet Program PPG Tahun 2017

Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta telah menyelenggarakan Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Indonesia (SEMNAS PBI) dengan tema “Optimalisasi Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Berkualitas pada Era MEA” pada Sabtu, 19 Desember 2015 dengan bekerja sama dengan Balai Bahasa Jawa Tengah.
Kegiatan seminar tersebut menghadirkan tiga orang pembicara kunci, yaitu Prof. Dr. Subyantoro, M.Hum., guru besar Universitas Negeri Semarang, Prof. Dr. Abdul Ngalim, M.Hum, guru besar Universitas Muhammadiyah Surakarta, dan Prof. Dr. Dadang Sunendar, M.Hum, guru besar Universitas Pendidikan Indonesia. Seminar tersebut juga diikuti oleh 50 pemakalah dari pelosok Indonesia, seperti Flores, Lombok, dan Singkawang, Kalimantan Barat dengan kontribusi sejumlah 35 makalah pendamping. Para pemakalah berasal dari berbagai instansi dan perguruan tinggi, seperti Universitas Ahmad Dahlan, Universitas Sebelas Maret, STKIP St. Paulus Ruteng Flores, Universitas Islam Majapahit Mojokerto, Universitas Mataram Lombok, STKIP Singkawang Kalimantan Barat, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, SMAN Kebakkramat, dan MTs. N Teras Boyolali.
Seminar diselenggarakan dalam dua sesi. Sesi pertama berlangsung pukul 09.00 s.d. 11.30, sedangkan sesi kedua berlangsung pukul 13.00 s.d. pukul 15.00. Sesi pertama adalah sesi utama yang diselenggarakan di Auditorium Mohamad Djazman dengan diisi oleh tiga pembicara utama. Sesi kedua berupa sidang pleno yang diselenggarakan di lima ruangan yang terpisah, yaitu di Auditorium Mohamad Djazman, Ruang Sidang C203, Ruang Sidang C204, Ruang Sidang C205, Ruang Sidang C206.

B. Tujuan Kegiatan
Tujuan kegiatan ini adalah untuk menekankan posisi bahasa Indonesia mampu menjadi sarana pemersatu, identitas, dan wujud eksistensi serta kehormatan negara Indonesia. Kebijakan Permufakatan internasional dalam bentuk MEA dan AFTA memengaruhi budaya, terutama penentuan bahasa pengantar yang berimbas pada bidang pendidikan bahasa. Bahasa Indonesia yang terbukti bisa menjadi bahasa pemersatu kini telah siap sebagai bahasa modern karena memiliki undang-undang, tesaurus, dan sistem aturan baku. Bahasa Indonesia telah menjadi bahasa dengan penutur terbanyak peringkat 7 dunia dan diajarkan di 52 negara di dunia. Prestasi dan eksistensi tersebut memungkinkan bahasa Indonesia menjadi bahasa ASEAN. Untuk melindungi eksistensi bahasa masing-masing negara ASEAN dan menghadapi kesepakatan-kesepakatan internasional, seperti AANZFTA dan prediksi adanya CIVETS tahun 2030, strategi berkonsep pluralingualisme dapat berbentuk penerbitan paspor bahasa dan pengembangan model kompetensi berbahasa dengan mengadopsi CEFRL yang telah terlebih dahulu diterapkan di Uni Eropa.
Kebijakan-kebijakan internasional tersebut sangat memengaruhi perkembangan pendidikan bahasa, sehingga pembelajaran bahasa Indonesia menghadapi tantangan baru. Sistem dan inovasi dalam pembelajaran bahasa Indonesia diharapkan mampu mengoptimalkan fungsi bahasa sebagai identitas negara, kehormatan, dan penghela ilmu pengetahuan demi menghasilkan sumber daya manusia yang unggul dan memiliki daya saing.

D. Manfaat Kegiatan
Manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan seminar nasional ini adalah sebagai berikut.

  1. Memberi inspirasi bagi kemajuan penelitian dalam bidang pembelajaran bahasa Indonesia pada era MEA.
  2. Sebagai ajang saling bersosialisasi bagi para ilmuwan, guru, dan praktisi di bidang pembelajaran bahasa Indonesia
  3. Sebagai sarana belajar bagi siswa dan mahasiswa, terutama mahasiswa pendidikan bahasa Indonesia

Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2016

Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2016
Program Studi Pendidikan Matematika FKIP UMS mengadakan kegiatan Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya 2016 dengan tema “Tren dan Isu-Isu baru dalam Penelitian Matematika dan Pembelajarannya” pada Sabtu, 12 Maret 2016, Jam: 07.30–17.00 WIB bertempat di Auditorium M. Djazman UMS dengan narasumber Prof. Ocky Karna Rajasa, Ph.D (keynote speaker) dari Direktur Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat, Kemristekdikti, Prof. Edy Tri Baskoro, Ph.D (President InaCombS, Guru Besar Matematika ITB) dan Prof. Dr. Budi Murtiyasa, M.Kom (Direktur P3G FKIP UMS).

Informasi selengkapnya dapat mengunjungi silakan kunjungi website http://knpmp2016.ums.ac.id

Jadwal Pembekalan Magang 1 dan 2

Diberitahukan kepada mahasiswa Magang 1 dan 2 bahwa pelaksanaan pembekalan akan dilaksanakan pada 18-23 Januari 2015. Oleh karena itu harap perwakilan kelompoknya dapat mengambil pedoman magang dan mengecek jadwal magang di website lab Microteaching FKIP UMS.

Menyongsong Kematian yang Husnul Khotimah

Pengajian “Menyongsong Kematian yang Husnul Khotimah”
Pada Senin, 4 Januari 2016, FKIP UMS menyelenggarakan pertemuan dan pengajian fakultas. Bertindak sebagai penceramah adalah Bapak Dr. Maryadi, MA yang menyampaikan tema “Menyongsong Kematian yang Husnul Khatimah”. Dalam pemaparannya disampaikan bahwa terdapat beberapa tingkatan kematian, yaitu: tidur, pingsan, comma depassw/anfal, mati suri, dan mati.

Beberapa tokoh mendefenisikan kematian dengan great and long journey dan the end of life and mysteri begin. Karena kematian bersifat misteri, orang tidak mengetahui apa yang dihadapi pasca kematian dan prasangka bahwa yang dimiliki saat hidup lebih baik dibanding setelah kematian, maka semua orang pasti takut mati.
Selanjutnya pertemuan dilanjutkan arahan dari pimpinan fakultas khususnya terkait dengan pelaksanaan Ujian Akhir Semester (UAS) yang akan dimulai sejak tanggal 4 Januari 2016.

Info Pelaksanaan Magang 1 dan 2

  1. Pelaksanaan Magang 1 (untuk mahasiswa angkatan 2014) akan dilaksanakan mulai tanggal 9 s/d 20 Februari 2016.
  2. Pelaksanaan Magang 2 (untuk mahasiswa angkatan 2013) akan dilaksanakan mulai tangga 25 Januari s/d 6 Februari 2016.
  3. Rapat Koordinasi Lab Microteaching, Dosen Pembimbing dan Sekolah akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 9 Januari 2016.
  4. Jadwal pembekalan oleh dosen yang akan menyerahkan ke sekolah kepada para mahasiswa yang akan magang, akan diumumkan setelah Rapat Koordinasi Lab Microteaching, Dosen Pembimbing dan Sekolah tersebut.

Pelaksanaan UAS FKIP UMS TA 2015/2016

Diinformasikan bahwa pelaksanaan Ujian Akhir Nasional (UAS) FKIP UMS Tahun Ajaran 2015/2016 akan dilaksanakan pada 4 Januari 2016 dan berakhir pada 23 Januari 2015.

Untuk kartu ujian, jadwal dan pembagian ruang ujian, mahasiswa dapat mengakses melalui http://ajt.ums.ac.id.

Menjadi Wirausahawan, Siapa Takut!

Sabtu, 28 November 2015 Program Studi PG-PAUD mengadakan kuliah umum bagi mahasiswa baru PG-PAUD dengan tema “Menjadi Wirausahawan, Siapa Takut!”. Kuliah umum merupakan kegiatan rutin setiap tahun untuk memberikan bekal pengetahuan kepada mahasiswa.Dalam rangka membekali mahasiswa baru dengan pengetahuan dan ruang lingkup PAUD, maka diperlukan suatu acara untuk memfasilitasi hal tersebut disamping itu ajang ini juga dapat dipakai sebagai sarana memperkenalkan mahasiswa baru dengan civitas akademik yang ada di prodi PAUD. Salah satu profil lulusan Progdi PG-PAUD adalah menjadi wirausahawan baik di bidang pendidikan maupun yang lain. Untuk membekali mahasiswa pengetahuan tentang hal tersebut maka diselenggarakan kuliah umum dengan tema “ Menjadi Wirausahawan, Siapa Takut!”. Sebagai pembicara dari kuliah umum ini adalah ibu Muslimah Zainal Arifin Kepala Sekolah sekaligus pendiri Sekolah Alam Surya Mentari (PG-TK-SD).

Child Friendly School Conference

Indonesia sebagai salah satu dari anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah meratifikasi Konvensi PBB tentang Hak Anak (KHA) melalui Keputusan Presiden Nomor 36 Tahun 1990 tentang Pengesahan Convention on the Rights of the Child. Selain itu, Indonesia juga memiliki sejumlah produk perundangan yang mendukung implementasi KHA, sejak dari Undang-Undang Nomor 36 Tahun 1999 tentang Hak Asasi Manusia, Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional hingga Peraturan Pemerintah Nomor 39 Tahun 1992 tentang Peran Serta Masyarakat dalam Pendidikan.

Pengarusutamaan Hak Anak (Child Right Mainstreaming) adalah strategi perlindungan anak dengan mengintegrasikan hak anak ke dalam setiap kegiatan pembangunan yang sejak penyusunan perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan, dan evaluasi dari berbagai peraturan perundangan-undangan, kebijakan, program, dan kegiatan dengan menerapkan prinsip kepentingan terbaik bagi anak. Pengarusutamaan Hak Anak meliputi kemauan untuk menghormati hak anak (to respect), komitmen untuk memenuhi hak anak (to fulfill), kemampuan untuk melindungi hak anak (to protect), dan usaha secara terus-menerus untuk mempromosikan hak anak (to promote).

Isi materi di atas disampaikan pada acara Child Friendly School Conference dengan pembicara Bodil Rasmusson, Ph.D (Swedia) dan Dr. M. Thoyibi (UMS). Kegiatan ini dihadiri mahasiswa FKIP UMS dan Kepala Sekolah dari SD Muhammadiyah se Surakarta dan Kartasura

1 2 3