Selasa 4 Agustus 2021, Survey yang diadakan dengan responden mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terkait skala kepuasan memeroleh hasil yang cukup memuaskan. Hasil yang diperoleh berdasarkan dari 14 pertanyaan. Pertanyaan pertama mengenai penilaian mahasiswa terhadap kecukupan, aksesibilitas, kualitas sarana dan prasrana untuk pembelajaran. Penjabaran perolehan persentase adalah 29.9% puas, 33.37% cukup puas, 5.74% tidak puas dan 1.08% sangat tidak puas. Pernyataan kedua mengenai kemampuan dosen, tenaga kependidikan dan pengelola dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa dengan perolehan persentase 35.54% puas, 25.03% cukup puas, 3.25% tidak puas dan 0.65% sangat tidak puas. Pernyataan ketiga tentang kemauan dosen, tenaga kependidikan dan pengelola dalam membantu mahasiswa memberikan pelayanan dengan cepat dengan perolehan persentase puas 31.91%, cukup puas 30.99%, tidak puas 4.23% dan sangat tidak puas 0.98%. Pernyataan keempat tentang kemampuan dosen, tenaga kependidikan dan pengelola untuk memberikan keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan, memeroleh persentase 33.48% puas, 28.17% cukup puas, 4.33% tidak puas dan 0.54% sangat tidak puas. Pernyataan selanjutnya, kesediaan/kepedulian dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa, seperti menyediakan waktu untuk berkonsultasi di luar jam perkuliahan memeroleh persentase untuk kategori puas 32.18%, 30.23% cukup puas, 4.55% tidak puas dan 0.87% sangat tidak puas.
Pernyataan keenam sampai dengan empat belas akan dijabarkan secara berurutan. Mutu dan kuantitas interaksi dosen dengan mahasiswa dalam bentuk seminar, kuliah, penelitian, pengabdian masyarakat dan kegiatan UKM telah sesuai dengan suasana akademik yang kondusif berhasil memeroleh persentase 34.94% kategori puas, 26.87% cukup puas, 2.60% tidak puas dan sangat tidak puas 0.65%. Proses pembelajaran mata kuliah yang dilakukan dosen bersifat interaktif, mengutamakan kreativitas serta sesuai dengan tuntutan bidang keilmuan yang diambil memeroleh persentase sebesar 34.99% kategori puas, 26.44% cukup puas, tidak puas 2.93% dan sangat tidak puas 0.65%. Dosen melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode dan ilustrasi yang mudah dipahami dengan memanfaatkan lingkungan sekitar serta materi dan pustaka pendukung yang mudah diakses berhasil memeroleh 32.94% kategori puas, cukup puas 28.60%, tidak puas 4.66% dan sangat tidak puas 0.87%. Pernyataan mengenai dosen melakukan pembelajaran sesuai dengan Rancangan Pembelajaran Semester dan kesepakatan mahasiswa berhasil memeroleh 37.38% puas, 21.67% cukup puas, 2.93% tidak puas dan 0.65% sangat tidak puas. Selanjutnya, dosen menggunakan hasil PKM dalam pembelajaran mata kuliah memeroleh 30.77% puas, cukup puas 34.02%, tidak puas 3.58% dan 0.87% sangat tidak puas. Bentuk pembelajaran yang digunakan dosen sesuai dengan konteks mata kuliah dan membantu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi memeroleh skor 36.08% kategori puas, 24.49% cukup puas, 2.93% tidak puas dan 0.43% sangat tidak puas. Dosen melakukan penilaian pembelajaran secara objektif, transparan, sesuai kriteri dan prosedur, sesuai dengan rencana pembelajaran yang disepakati di awal perkuliahan dan memberikan hak banding bagi mahasiswa yang kurang puas terhadap nilai yang didapatkan memeroleh skor untuk tingkat kepuasan 35.21% puas, 25.24% cukup puas, 3.25% tidak puas dan 1.08% sangat tidak puas. Sistem informasi penilaian pembelajaran informatif dan mudah dioperasikan memeroleh persentase sebesar 40.085% puas, 16.25% cukup puas, 2.60% tidak puas dan 0.98% sangat tidak puas. Pernyataan terakhir mengenai syarat kelulusan mahasiswa telah disampaikan di awal perkuliahan dan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (minimal sks yang ditempuh 144 sks) memeroleh persentase 39.82% puas, 18.31% cukup puas, 1.41% untuk kategori tidak puas dan 0.65% sangat tidak puas. Hasil chart berdasarkan penjabaran tersebut dapat dilihat pada Gambar 1.
Gambar 1. Hasil Persentase untuk Keempat Belas Pertanyaan