FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta bekerja sama dengan APS PBSI LPTK PTMA (Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia PTMA), ALPTK PTMA (Asosiasi Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah), dan Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah Aisyiyah mengambil prakarsa sebagai tuan/panitia penyelenggara Lomba Nasional CPEMP 2021 (Cipta Puisi Edukasi Masa Pandemi).

Lomba Nasional CPEMP ini diselenggarakan sebagai bentuk komitmen dan kepedulian nasional terhadap pentingnya kehadiran pendidikan pada masa pandemi, ruang cipta kreasi seni puisi bagi mahasiswa FKIP/LPTK/IKIP dalam menyampaikan pesan-pesan pendidikan selama pandemi, dan sekaligus sebagai wahana untuk menumbuhkan literasi cipta seni puisi masa pandemi. Demikian disampaikan oleh Prof. Dr. Harun Joko Prayitno sebagai Ketua pemrakarsa sekaligus sebagai Dekan FKIP UMS dan Ketua ALPTK PTMA lomba nasional ini.

Lomba Nasional CPEMP ini terbuka untuk umum dengan dengan tema utama pendidikan masa pandemi. Penilaian karya CPEMP ini didasarkan pada; kesesuaian tema, kreativitas, keaslian, amanat, struktur (tipografi, citraan, gaya bahasa, rima, dan diksi) dan tentu saja nilai seni puisi tersebut.

Lomba Nasional CPEMP ini berhadiah total Rp 8.500.000 plus sertifikat atau piagam penghargaan nasional. . Karya cipta puisi edukasi masa pandemi lengkap dengan dokumen pendukung s ebagaimana dipersyaratkan diunggah ke laman fkip.ums.ac.id paling lambat 21 April 2021 pukul 23.59.

Bagi pemenang atau pamuncak lomba nasional CPEMP akan diundang dalam Lomba Nasonal EPMP (Ekspresi Puisi Masa Pandemi secara imaji/virtual) pada 2 Mei 2021 bertepatan dengan Hari pendidikan Nasional.

Semoga Lomba Nasional CPEMP dan EPMP ini mampu menginspirasi, mengekpresi, meliterasi seni puisi edukasi masa pandemi. Salam @FKIP CAKAP.

Lampiran: