Jumat 03 September 2021, Survey yang diadakan dengan responden mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terkait dengan tingkat kepuasan dan kepentingan memeroleh hasil yang cukup memuaskan. Pertanyaan mengenai kepentingan dan kepuasan terdiri dari 14 buah. Hasil chart tersebut dapat dilihat pada Gambar 1.
Gambar 1
Penjabaran dari Gambar 1 tersebut sebagai berikut. Pernyataan pertama mengenai penilaian mahasiswa terhadap kecukupan, aksesibilitas, kualitas sarana dan prasrana untuk pembelajaran, hasil yang diperoleh untuk kepentingan adalah 4.26 dan kepuasan sebesar 3.67. Pernyataan kedua mengenai kemampuan dosen, tenaga kependidikan dan pengelola dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa memeroleh skor 4.31 untuk kepentingan dan skor 3.85 untuk kepuasan. Pernyataan ketiga tentang kemauan dosen, tenaga kependidikan dan pengelola dalam membantu mahasiswa memberikan pelayanan dengan cepat berhasil memeroleh skor 4.29 untuk kepentingan dan 3.77 untuk kepuasan. Pernyataan keempat tentang kemampuan dosen, tenaga kependidikan dan pengelola untuk memberikan keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan, memeroleh skor 4.24 untuk kepentingan dan 3.80 untuk kepuasan. Pernyataan kelima tentang kesediaan dosen, tenaga kependidikan dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa memeroleh skor 4.28 (kepentingan) dan 3.80 (kepuasan).
Pernyataan keenam sampai dengan empat belas akan dijabarkan secara berurutan. Mutu dan kuantitas interaksi dosen dengan mahasiswa dalam bentuk seminar, kuliah, penelitian, pengabdian masyarakat dan kegiatan UKM telah sesuai dengan suasana akademik yang kondusif berhasil memeroleh skor 4.24 untuk kepentingan dan 3.88 untuk kepuasan. Proses pembelajaran mata kuliah yang dilakukan dosen bersifat interaktif, mengutamakan kreativitas serta sesuai dengan tuntutan bidang keilmuan yang diambil memeroleh skor 4.30 dan 3.89. Dosen melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode dan ilustrasi yang mudah dipahami dengan memanfaatkan lingkungan sekitar serta materi dan pustaka pendukung yang mudah diakses berhasil memeroleh skor 4.31 dan 3.81 untuk tingkat kepuasan. Pernyataan mengenai dosen melakukan pembelajaran sesuai dengan Rancangan Pembelajaran Semester dan kesepakatan mahasiswa berhasil memeroleh skor 4.34 dan 3.97. Selanjutnya, Dosen menggunakan hasil PKM dalam pembelajaran mata kuliah memeroleh skor 4.02 untuk kepentingan dan 3.72 untuk tingkat kepuasan. Bentuk pembelajaran yang digunakan dosen sesuai dengan konteks mata kuliah dan membantu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi memeroleh skor untuk tingkat kepentingan dan kepuasan masing-masing 4.29 dan 3.92. Dosen melakukan penilaian pembelajaran secara objektif, transparan, sesuai kriteri dan prosedur, sesuai dengan rencana pembelajaran yang disepakati di awal perkuliahan dan memberikan hak banding bagi mahasiswa yang kurang puas terhadap nilai yang didapatkan memeroleh skor untuk tingkat kepentingan sebesar 4.32 dan untuk tingkat kepuasan 3.89. Sistem informasi penilaian pembelajaran informatif dan mudah dioperasikan memeroleh skor 4.41 dan 4.14. Pernyataan terakhir mengenai syarat kelulusan mahasiswa telah disampaikan di awal perkuliahan dan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (minimal sks yang ditempuh 144 sks) memeroleh skor 4.37 dan 4.12. Berdasarkan dari pernyataan-pernyataan sebelumnya, dapat disimpulkan bahwa perolehan skor tingkat kepentingan selalu lebih tinggi daripada tingkat kepuasan mahasiswa. Selain itu, perolehan skor untuk tingkat kepentingan ataupun tingkat kepuasan mengalami peningkatan dibandingkan dengan tahun 2019-2020.