PGSD & POR FKIP UMS SELENGGARAKAN SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN

Surakarta, 5 Desember 2018.

Seminar Nasional Pendidikan yang bertema Mengembangkan Kompetensi Pendidik dalam Menghadapi Era Distrupsi merupakan hasil kolaborasi antara program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD), Pendidikan Olah Raga (POR), Himpunan Mahasiswa Program Study (HMP) PGSD, dan POR yang diselenggarakan di Auditorium Moh. Djazman pada hari Selasa-Rabu (4-5/12/2018).

Dalam seminar tersebut menghadirkan keynote speaker yang merupakan praktisi dalam dunia pendidikan yaitu Prof. Dr. Rer. Nat. Sajidan, M.Si., Dr. Edi Mulyono., Prof. Dr. Furqon Hidayatullah, M.Pd., dan Dr. Sukartono, M.M.

Sub tema yang dimuat ke dalam seminar nasional pendidikan ini antara lain pendidikan profesi guru, teknologi pendidikan, inovasi pembelajaran, keterampilan peserta didik abad 21 (critical thinking, hots, 4C), dan physical education. Dari ke lima sub tema tersebut, pemakalah dapat memilih salah satu sub tema untuk dimuat ke dalam paper yang dibuatnya. Paper yang terpilih yang diundang ke dalam acara seminar ini untuk dipresentasikan dalam sesi presentasi paralel. Hasil paper yang sudah dipresentasikan selanjutnya akan di publikasikan melalui prosiding.

Honest Ummi Kaltsum, M.Hum (Ketua Panitia) berpendapat, “Gagasan dan hasil penelitian yang disusun oleh pemakalah terkait dengan upaya dalam mengembangkan kompetensi pendidik dalam menghadapai era disrupsi atau Revolusi Industri 4.0. Dengan demikian, kami berharap seluruh pihak yang terlibat dalam dunia pendidikan dapat terus termotivasi dan bersinergi untuk berperan aktif membangun pendidikan Indonesia yang berkualitas dalam menghadapi era disrupsi”.

Selanjutnya Prof. Dr. Harun Joko Prayitno (Dekan FKIP UMS) berharap untuk seminar nasional pendidikan ini kedepannya dapat berkembang ke tahap seminar internasional dan semoga prodi lain di FKIP UMS juga dapat menyelenggarakan acara serupa.

Lampiran:

  1. Dampak Revolusi Industri 4.0 Terhadap Pendidikan Indonesia (Dr. Edi Mulyono)
  2. Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya terhadap Pendidikan di Indonesia (Dr. Sukartono)
  3. Pemberdayaan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Melalui Pembelajaran (Prof. Sajidan)
  4. Peran Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Era Disruptif (Prof. Furqon Hidayatullah)

[wzslider autoplay=”true”]