Surakarta, 7 Agustus 2024 – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) tengah melakukan persiapan intensif untuk mendirikan Sekolah Dasar (SD) Lab School. Sekolah ini akan menjadi laboratorium pendidikan yang berfungsi sebagai tempat pembelajaran dan pusat pengembangan model pengelolaan serta kurikulum SD yang inovatif.
Sebagai bagian dari upaya ini, FKIP UMS telah merancang program benchmarking dengan tujuan mengumpulkan referensi dan best practice dalam pengelolaan serta kurikulum SD. Kunjungan benchmarking akan dilakukan di SD Intis School Yogyakarta, yang dikenal sebagai salah satu sekolah dasar yang telah menerapkan sistem pendidikan internasional.
Tim dari FKIP UMS yang akan melakukan kunjungan ini terdiri dari Mauly Halwat Hikmat, Ph.D., Wakil Dekan 1, Dr. Murfiah Dewi Wulandari, S.Psi., M.Psi., Wakil Dekan 2, dan Prof. Dr. Harsono, SU, Wakil Dekan 4. Mereka akan mengamati dan berdiskusi langsung dengan para pengelola serta pendidik di SD Intis School Yogyakarta, guna mendapatkan gambaran komprehensif tentang bagaimana sebuah sekolah dasar dapat dikelola dengan standar internasional.
“Tujuan utama kami adalah mempelajari dan mengadopsi pendekatan terbaik dalam pengelolaan sekolah dan penerapan kurikulum SD yang berkualitas tinggi,” ujar Prof. Dr. Sutama, M.Pd., Dekan FKIP UMS. “Dengan benchmarking ini, kami berharap dapat menambah wawasan dan referensi yang diperlukan untuk membawa SD Lab School ini menjadi sekolah bertaraf internasional, sejalan dengan rencana besar FKIP UMS.”
SD Lab School FKIP UMS direncanakan akan mengimplementasikan kurikulum yang tidak hanya berfokus pada penguasaan akademik, tetapi juga pada pengembangan karakter, kreativitas, dan keterampilan abad 21. Hal ini sejalan dengan visi UMS untuk menjadi institusi pendidikan yang berperan aktif dalam mencetak generasi unggul secara global.
Selain itu, FKIP UMS juga berencana untuk mengundang pakar pendidikan dari dalam dan luar negeri sebagai narasumber dalam seminar-seminar dan workshop yang akan digelar. Ini diharapkan dapat memberikan masukan yang berharga dalam proses perencanaan dan pengembangan SD Lab School FKIP UMS.
Dengan adanya SD Lab School ini, FKIP UMS tidak hanya berupaya menciptakan lingkungan belajar yang ideal bagi para siswa, tetapi juga menjadi pusat penelitian dan pengembangan pendidikan dasar yang dapat memberikan kontribusi nyata bagi dunia pendidikan di Indonesia.
“Ini adalah langkah awal yang sangat penting untuk mewujudkan impian kami dalam mendirikan sekolah dasar yang tidak hanya berstandar internasional, tetapi juga mengakar pada nilai-nilai keislaman dan kebangsaan,” tambah Prof. Dr. Sutama, M.Pd.
Pendirian SD Lab School FKIP UMS ini diharapkan dapat terealisasi dalam waktu dekat dan nantinya akan menjadi model bagi sekolah-sekolah lain di Indonesia yang ingin meningkatkan kualitas pengelolaan dan kurikulumnya menuju standar internasional.