Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) FKIP Semester Genap 2021/2022: Evaluasi dan Penguatan Program Studi

Surakarta, September 2022 – Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) menggelar Rapat Tinjauan Manajemen (RTM) Semester Genap 2021/2022 sebagai bagian dari upaya meningkatkan kinerja fakultas dan program studi yang ada di bawahnya. Dalam rapat ini, FKIP mengevaluasi berbagai capaian akademik serta pelaksanaan tridharma perguruan tinggi di setiap program studi.

Beberapa poin penting yang dibahas dalam RTM kali ini meliputi:

  1. Optimalisasi Kurikulum Berbasis MBKM: Program studi di FKIP telah melakukan peninjauan dan penyesuaian kurikulum sesuai dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Proses ini melibatkan penyusunan RPS yang mengintegrasikan penelitian dan pengabdian masyarakat oleh dosen.
  2. Peningkatan Kerjasama Internasional: FKIP terus berupaya meningkatkan kerja sama dalam bidang penelitian dan pengabdian dengan mitra di luar negeri. Hal ini diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengembangan akademik mahasiswa dan dosen.
  3. Penyusunan Borang Akreditasi: Program studi di FKIP, termasuk program S2 dan S3, sedang mempersiapkan akreditasi nasional dan internasional. Penyusunan borang akreditasi dilakukan dengan mengacu pada standar mutu yang ketat untuk meningkatkan reputasi program studi.
  4. Pengembangan Sarana dan Prasarana: FKIP mengajukan usulan pengembangan sarana pembelajaran, seperti smart classroom dan laboratorium microteaching, untuk mendukung perkuliahan blended learning serta meningkatkan kualitas pembelajaran mahasiswa.

Selain itu, program studi di FKIP juga mulai mengembangkan ruang baca di tingkat fakultas, melakukan monitoring pembelajaran, dan memastikan dokumentasi pembelajaran sesuai dengan standar yang ditetapkan.

Dengan evaluasi ini, FKIP UMS berharap dapat terus meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan mendukung mahasiswa dan dosen dalam mencapai prestasi yang lebih tinggi baik di tingkat nasional maupun internasional.