Surakarta, 19 Juli 2019

Sebanyak 252 mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) akan diberangkatkan mengikuti Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) II dan Kuliah Kerja Nyata Pendidikan (KKNDik) di tiga negara dan 9 Kota di Luar Jawa (DSPAUM) mulai tanggal 23 Juli 2019. Ke Tiga negara tersebut diantaranya Malaysia, Filipina, dan Thailand. Lalu untuk 9 kota di Luar Jawa antara lain Bangka, Belitung, Medan, Pangkalan Bun, Sukamara, Makassar, Mataram, Kendari, dan Sorong.

Pelepasan mahasiswa PLP II Teringtegrasi KKNDik turut dihadiri oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof. Dr H. Chairil Anwar, Rektor UMS Prof. Sofyan Anif, Kepala LLDikti Wilayah VI Prof. DYP Sugiarto, Dekan FKIP UMS dan sejumlah pimpinan UMS serta pimpinan prodi di lingkungan FKIP.

“Sangat membanggakan FKIP UMS bisa melaksanakan PLP dan KKN dik ke luar negeri. Gunakan kesempatan ini untuk menembangkan diri di dunia global internasional sekaligus mengenalkan Muhammadiyah,” kata Chairil Anwar, saat melepas KKN di halaman Gedung Siti Walidah UMS, Sukoharjo, Jumat (19/7).

Ditambahkan Rektor UMS Prof. Sofyan Anif, kegiatan KKN di luar negeri bisa mendukung UMS menuju world class university.

“Harapan kami program seperti ini tidak hanya di FKIP saja, namun juga bisa dilaksanakan fakultas lain,” imbuhnya.

Kegiatan PLP II Terintegrasi KKNDik akan dilaksanakan selama 1,5 bulan dan tidak sekedar mengajar namun diharapkan juga mengembangkan potensi pendidikan agar mampu mandiri dan memiliki kompetensi global.

“Kalau di luar negeri ada 5 destinasi yakni di KJRI Kinabalu Malaysia, SEA Teacher SEA MEO di Philipina dan Thailand, Khon Kaen University Thailand, UPSI Malaysia dan Fatoni Thailand,” ungkap Prof Harun Joko Prayitno, Dekan FKIP UMS.

Semoga dengan adanya program PLP II Terintegrasi KKNDik ini dapat mendewasakan pribadi masing-masing mahasiswa dan dapat berbaur untuk berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat. Salam @FKIP CAKAP.