Selasa, 21 Juni 2022 telah dilaksanakan penandatangan surat perjanjian kerjasama antara Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa. Kegiatan ini berlangsung di ruang BPH, gedung Siti Walidah Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alhamdulillah berjalan dengan lancar dan sah menjadi kerjasama dua universitas tersebut.

Kerjasama ini menjadikan kolaborasi dua institusi saling belajar. Kerjasama ini juga bukan berarti salah satu lebih unggul, tetapi hanya masalah waktu saja yang berbeda. UMS terlebih dahulu didirikan Prodi PGSD nya daripada UST. Dari berjalannya waktu PGSD FKIP S1 udah sejak 2007, animo diawal didirikan PGSD sangatlah besar, secara kualitas anak didiknya pun sangat tinggi. Dibuktikan dengan lulusan PGSD selalu tepat waktu dan nilai IPK yang tercapai tinggi-tinggi, tutur Supriyono, S.T., M.T., Ph.D. sebagai perwakilan Bidang Kerjasama dan Urusan Internasional dari UMS.

Sedangkan perwakilan dari UST mengungkapkan bekerjasama dengan UMS merupakan pencapaian untuk UST, karena UMS mempunyai banyak program studi yang akreditasinya sudah unggul. Ini menjadi penting untuk kemajuan UST dalam membangun kerjasama bersama UMS. Dan nantinya bisa diadakan kembali kerjasama dengan program studi lain, yang kali ini memfokuskan pada progdi PGSD. Dan FKIP dulunya bernama IKIP ini adalah yang mentrasnformasi menjadi universitas pertama di Indonesia. Pada akhirnya banyak kampus IKIP merubah identitas mereka menjadi universitas, pungkas Prof. Dr. Supriyoko, M.Pd selaku Direktur Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, dan penandatanganan surat perjanjian ini pihak UMS diwakili oleh Prof. Dr. Sutama, M.Pd. selaku dekan FKIP UMS dan Dr. Djalal Fuadi sebagai Kaprodi PGSD FKIP.