Surakarta, 23 Maret 2021
Pada era komputasi dan komunikasi global ini calon kepala sekolah dituntut memiliki untuk inovasi tiada henti dan motivasi motivasi semangat tanpa batas merupakan salah satu komitmen yang dimiliki para calon kepala sekolah (CKS) Muhammadiyah-Aisyiyah dalam mengikuti diklat CKS ini. Syarat penting lainnya adalah kemampuan manajerial, kemampuan leadership, dan kemampuan komunikasi holistik. Kelima syarat tersebut sangat diperlukan bagi CKS untuk mampu memajukan sekolah-sekolah Muhamadiyah Aisyiyah menjadi sekolah-sekolah yang unggul, distingtif, dan/atau sekolah progresif yang mampu memberikan peran perubahan pendidikan dalam konteks untuk menghasilkan lulusan yang unggul dan berkarakter akhakul kharimah. Hal ini sebagaimana diamanatkan oleh Dekan FKP UMS Prof. Harun Joko Prayitno, Ketua Majelis Dikdasmen Jateng Dr. Iwan Junaidi, dan Rektor UMS Prof. Sofyan Anif pada saat pembukaan Diklat CKS Muhammadiyah Aisyiyah Jawa Tengah Tahap I di Gedung M. Djazman AL Kindi Kampus I FKIP UMS.
Diklat CKS ini dikikuti oleh sebanyak 98 peserta yang berasal dari 27 Kabupaten/Kota di Jawa Tengah. Peserta diklat CKS tahap I ini masing-masing dari jenjang sekolah TK/BA (8 CKS), SM/MI (18 CKS), SMP/MTs (29 CKS), SMA/MA (18 CKS), dan SMK sebanyak 28 CKS. Kegiatan diklat tahap I ini akan dilaksanakan mulai Selasa 23 maret s.d 24 Juni 2021. Kegiatan rinci diklat CKS tahap I ini dilaksanakan ke dalam 4 tahap, yaitu: On The Job Training I (OJT-I) tanggal 23 Maret s.d. 3 April 2021 (10 Hari); In Service Training I (IST-I) tanggal 5 s.d. 9 April 2021 (5 Hari); On The Job Training II (OJT-II) tanggal 12 April s.d. 17 Juni 2021 (50 hari); dan In Service Training II (IST-II) tanggal 21 s.d. 24 Juni 2021 (4 Hari).
Diklat CKS Muhammadiyah Aisyiyah ini dilaksanakan sebagai bentuk implementasi kerja sama antara Majelis Dikti Litbang PP Muhammadiyah dengan Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah sekaligus bentuk realisasi kerja sama dengan LPPKS Kemendikbud RI. Diklat ini dilaksanakan sebagai komitmen nyata bahwa tata kelola pengembangan pendidikan di lingkungan AUM sejak dari TK/KB s.d Perguruan Tinggi dikelola sangat profesional, terintegrasi, dan saling sinergi dalam rangka menyiapkan SDM yang unggul dan berkarakter Akhlakul Kharimah. Semoga. Salam @FKIP CAKAP.