Selasa, 3 Agustus 2021, Survey yang diadakan dengan responden mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan terkait skala kepentingan memeroleh hasil yang cukup memuaskan. Hasil yang diperoleh berdasarkan dari 14 pertanyaan. Pertanyaan pertama mengenai penilaian mahasiswa terhadap kecukupan, aksesibilitas, kualitas sarana dan prasrana untuk pembelajaran. Penjabaran perolehan persentase adalah 41,45% penting, 15.1% cukup penting, 1.3% tidak penting dan 0.8% sangat tidak penting. Pernyataan kedua mengenai kemampuan dosen, tenaga kependidikan dan pengelola dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa dengan perolehan persentase 42.6% penting, 13% cukup penting, 1% tidak penting dan 0.8% sangat tidak penting. Pernyataan ketiga tentang kemauan dosen, tenaga kependidikan dan pengelola dalam membantu mahasiswa memberikan pelayanan dengan cepat dengan perolehan persentase penting 42.35%, cukup penting 13.1%, tidak penting 1.1% dan sangat tidak penting 1.1%. Pernyataan keempat tentang kemampuan dosen, tenaga kependidikan dan pengelola untuk memberikan keyakinan kepada mahasiswa bahwa pelayanan yang diberikan telah sesuai dengan ketentuan, memeroleh persentase 41.75% penting, 14.4% cukup penting, 1.1% tidak penting dan 1% sangat tidak penting. Pernyataan selanjutnya, kesediaan/kepedulian dosen, tenaga kependidikan, dan pengelola untuk memberi perhatian kepada mahasiswa, seperti menyediakan waktu untuk berkonsultasi di luar jam perkuliahan memeroleh persentase untuk kategori penting 41.55%, 14.8% cukup penting, 1.2% tidak penting dan 0.9% sangat tidak penting.
Pernyataan keenam sampai dengan empat belas akan dijabarkan secara berurutan. Mutu dan kuantitas interaksi dosen dengan mahasiswa dalam bentuk seminar, kuliah, penelitian, pengabdian masyarakat dan kegiatan UKM telah sesuai dengan suasana akademik yang kondusif berhasil memeroleh persentase 41.65% kategori penting, 15.3% cukup penting, 0.8% tidak penting dan sangat tidak penting 0.7%. Proses pembelajaran mata kuliah yang dilakukan dosen bersifat interaktif, mengutamakan kreativitas serta sesuai dengan tuntutan bidang keilmuan yang diambil memeroleh persentase sebesar 42.8% kategori penting, 12.8% cukup penting, tidak penting 0.9% dan sangat tidak penting 0.8%. Dosen melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metode dan ilustrasi yang mudah dipahami dengan memanfaatkan lingkungan sekitar serta materi dan pustaka pendukung yang mudah diakses berhasil memeroleh 42.6% kategori penting, cukup penting 13.4%, tidak penting 0.8% dan sangat tidak penting 0.7%. Pernyataan mengenai dosen melakukan pembelajaran sesuai dengan Rancangan Pembelajaran Semester dan kesepakatan mahasiswa berhasil memeroleh 43.45% penting, 11.5% cukup penting, 0.8% tidak penting dan 0.9% sangat tidak penting. Selanjutnya, Dosen menggunakan hasil PKM dalam pembelajaran mata kuliah memeroleh 37.5% penting, cukup penting 22.4%, tidak penting 1.8% dan 0.8% sangat tidak penting. Bentuk pembelajaran yang digunakan dosen sesuai dengan konteks mata kuliah dan membantu meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap materi memeroleh skor 42.4% kategori penting, 13.4% cukup penting, 0.9% tidak penting dan 0.9% sangat tidak penting. Dosen melakukan penilaian pembelajaran secara objektif, transparan, sesuai kriteri dan prosedur, sesuai dengan rencana pembelajaran yang disepakati di awal perkuliahan dan memberikan hak banding bagi mahasiswa yang kurang puas terhadap nilai yang didapatkan memeroleh skor untuk tingkat kepentingan 42.9% penting, 12.1% cukup penting, 1.4% tidak penting dan 0.7% sangat tidak penting. Sistem informasi penilaian pembelajaran informatif dan mudah dioperasikan memeroleh persentase sebesar 44.1% penting, 10.1% cukup penting, 0.9% tidak penting dan 0.9% sangat tidak penting. Pernyataan terakhir mengenai syarat kelulusan mahasiswa telah disampaikan di awal perkuliahan dan sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (minimal sks yang ditempuh 144 sks) memeroleh persentase 43.4% penting, 11.4% cukup penting, 0.9% untuk kategori tidak penting dan sangat tidak penting. Hasil chart berdasarkan penjabaran tersebut dapat dilihat pada Gambar 1.
Gambar 1. Hasil Persentase untuk Keempat Belas Pertanyaan